Kursus Kompute di jambi ITECH COURSE
Kursus Kompute di jambi ITECH COURSE
Alamat: ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
Alamat: ITech Course, Jl. Kiai H. Ahmad Dahlan No.1, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111
KULIIAH SAMBIL KERJA,Pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna Madrasah Aliah di Jawa Barat masih butuh dikembangkan. Hal tersebut terungkap dalamriset bidang Pendidikan agama dan keagamaan pada Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Agama Jakarta.
Kepala Litbang Agama Jakarta Muhammad Adlin Sila mengatakan, penelitiandilaksanakan dengan memungut sampel atau narasumber dari sembilan MA di Jawa Barat dengan memetakan bagaimana guna TIK di sekolah Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari 2017 kemudian gunamemahami kompetensi guru dan murid mengenai TIK.
Secara umum pemanfataan TIK oleh guru MA di Jabar pada dimensi kurikulum dan evaluasi sudah tinggi, dimensi pedagogik pun cukup tinggi, serta dimensi organisasi dan administrasi pada kelompok sudah tinggi.
"Secara umum kompetensi TIK guru pada software dasar komputer berada pada kumpulan lumayan tinggi. Guru sangat sering memakai TIK untukkeperluan pengolah kata semsisal Ms word laksana mengetik prangkatpengamalan pembelajaran (RPP), soal ujian, dan administrasi pembelajaran," ujarnya dalam acara Seminar Hasil Penelitian pemanfataan TIK MA di Harris Hotel Bekasi, Kamis (29/3).
Sedangkan pemanfataan TIK pada pekerjaan belajar melatih di ruang belajar masih jarang ditemukan. Guru masih tidak tidak tidak banyak yang menyajikanpelajaran digital, audio visual dan internet. Bagi aspek pedagogis, guru lebih tidak tidak tidak sedikit memanfaatkan TIK melewati pemberian tugas baik secara pribadi ataupun kumpulan siswa.
Namun demikian, pemanfaatan TIK guna pengembangan profesi guru berada dalam kelompok rendah. Dalam setahun terakhir, ditemukan bahwa sejumlah 95,57 narasumber tidak pernah mengekor pelatihan design grafis, 92,19 persen tidak pernah mengekor pelatihan multimedia, 8,6 persen responeden tidak pernah mengekor pelatihan internet dan sejumlah 80,73 persen tidak pernah mengikuti kemampuan dasar TIK.
"Namun hasil tes keterampilan TIK tik yang mencakup materi Microsoft office, design grafis dan internet pada guru MA Jabar berada pada kategorilumayan Nbaik. Ini mengindikasikan meskipun tak pernah ikut pelatihan, guru-guru tetap berupaya belajar secara berdikari atau autodidak," kata dia.
Dari semua materi yang diujikan, guru-guru tidak cukup menguasai desain grafis dan MS Exel. Ada sebanyak tantangan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan TIK di MA, tantangan tersebut berupa kendala jasmani dan non fisik. Kendala yang sangat utama adalahketerbatasan parasrana dan prasarana, kecepatan internet, keterampilan atau skill guru dan keterbatasan waktu guna memelajari kemampuan TIK.
OPeneliti bidang edukasi dari Balai Litbang Agama Jakarta Ibnu Salmanmenuliskan emanfataan TIK pada madrasah aliyah masih perludikembangkan guna membuat sistem edukasi Islam yang kepandaian pengintegrasian TIK nya masuk ke dalam menjadi visi tahun 2015-2019.
"Visinya yaitu terwujudnya edukasi Islam yang unggul, moderet dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan dan teknologi," kata dia.
Kursus Komputer Di Depok Indonesiadan Asia ( ITECH)
Kursus Komputer di Depok,Pemanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna Madrasah Aliah di Jawa Barat masih butuh dikembangkan. Hal tersebut terungkap dalamriset bidang Pendidikan agama dan keagamaan pada Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Agama Jakarta.
Kepala Litbang Agama Jakarta Muhammad Adlin Sila mengatakan, penelitiandilaksanakan dengan memungut sampel atau narasumber dari sembilan MA di Jawa Barat dengan memetakan bagaimana guna TIK di sekolah Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari 2017 kemudian gunamemahami kompetensi guru dan murid mengenai TIK.
Secara umum pemanfataan TIK oleh guru MA di Jabar pada dimensi kurikulum dan evaluasi sudah tinggi, dimensi pedagogik pun cukup tinggi, serta dimensi organisasi dan administrasi pada kelompok sudah tinggi.
"Secara umum kompetensi TIK guru pada software dasar komputer berada pada kumpulan lumayan tinggi. Guru sangat sering memakai TIK untukkeperluan pengolah kata semsisal Ms word laksana mengetik prangkatpengamalan pembelajaran (RPP), soal ujian, dan administrasi pembelajaran," ujarnya dalam acara Seminar Hasil Penelitian pemanfataan TIK MA di Harris Hotel Bekasi, Kamis (29/3).
Sedangkan pemanfataan TIK pada pekerjaan belajar melatih di ruang belajar masih jarang ditemukan. Guru masih tidak tidak tidak banyak yang menyajikanpelajaran digital, audio visual dan internet. Bagi aspek pedagogis, guru lebih tidak tidak tidak sedikit memanfaatkan TIK melewati pemberian tugas baik secara pribadi ataupun kumpulan siswa.
Namun demikian, pemanfaatan TIK guna pengembangan profesi guru berada dalam kelompok rendah. Dalam setahun terakhir, ditemukan bahwa sejumlah 95,57 narasumber tidak pernah mengekor pelatihan design grafis, 92,19 persen tidak pernah mengekor pelatihan multimedia, 8,6 persen responeden tidak pernah mengekor pelatihan internet dan sejumlah 80,73 persen tidak pernah mengikuti kemampuan dasar TIK.
"Namun hasil tes keterampilan TIK tik yang mencakup materi Microsoft office, design grafis dan internet pada guru MA Jabar berada pada kategorilumayan Nbaik. Ini mengindikasikan meskipun tak pernah ikut pelatihan, guru-guru tetap berupaya belajar secara berdikari atau autodidak," kata dia.
Dari semua materi yang diujikan, guru-guru tidak cukup menguasai desain grafis dan MS Exel. Ada sebanyak tantangan yang dihadapi guru dalam memanfaatkan TIK di MA, tantangan tersebut berupa kendala jasmani dan non fisik. Kendala yang sangat utama adalahketerbatasan parasrana dan prasarana, kecepatan internet, keterampilan atau skill guru dan keterbatasan waktu guna memelajari kemampuan TIK.
OPeneliti bidang edukasi dari Balai Litbang Agama Jakarta Ibnu Salmanmenuliskan emanfataan TIK pada madrasah aliyah masih perludikembangkan guna membuat sistem edukasi Islam yang kepandaian pengintegrasian TIK nya masuk ke dalam menjadi visi tahun 2015-2019.
"Visinya yaitu terwujudnya edukasi Islam yang unggul, moderet dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan dan teknologi," kata dia.
Comments
Post a Comment